Tips Menjaga Pola Makan Sehat Sehari-hari

pola makan sehat

Asupan cairan dan makanan bernutrisi memang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi di masa pandemic dengan cuaca yang tak menentu seperti ini.

Makanan serta minuman yang dikonsumsi akan mempengaruhi kemampuan tubuh kita daam mencegah dan melawan penyakit maupun virus, serta memulihkan tubuh.

Orang-orang yang menerapkan pola makan bergizi seimbang cenderung lebih sehat dan memiliki sistem imun yang lebih kuat.

Mereka juga bisanya memiliki risiko rendah untuk terkena penyakit. Karena itulah, kalian perlu memperbanyak konsumsi makanan segar untuk memperoleh nutrisi seperti vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya.

Tips Menjaga Pola Makan Sehat

pola makan sehat

Kita memang dianjurkan untuk memperoleh berbagai nutrisi secara alami dari makanan sehari-hari. Selain makanan sehat, sistem kekebalan utbuh juga bisa ditingkatkan dengan berolahraga rutin, menghindari stress, dan istirahat yang cukup.

Lalu, bagaimana sih cara menjaga pola makan hidup sehat ini? Di bawah ini kami akan memberikan berbagai tips untuk menjaga pola makan sehat.

1.Makan Makanan Segar

pola makan sehat

Buah dan sayur mengandung berbagai vitamin, serta, mineral, dan zat-zat aktif yang baik untuk tubuh dan sistem imun.

Namun, jangan hanya memakan buah atau sayuran yang sama. Konsumsilah berbagai macam sayur dan buah karena mereka memiliki kandungan yang berbeda-beda.

Buah dan sayuran beku (atau kering) dan kalengan sebenarnya sama sehatnya jika dibuat dengan jenis yang segar tanpa gula tambahan.

Kalian juga bisa mengonsumsi polong-polongan, kacang-kacangan, jagung, gandum utuh, biji-bijian, umbi-umbian, nasi merah dan lain-lain.

Jangan lupa juga dengan sumber protein hewani yang bisa kalian dapat dari daging merah tanpa lemak, telur, ikan, dan susu rendah lemak.

2.Minum Air

pola makan sehat

Air akan membantu tubuh mengedarkan nutrisi serta komponen-komponen penting dalam darah ke seluruh tubuh.

Cairan juga memainkan peran dalam membuat pola makan yang sehat, seperti mengatur suhu tubuh, membuat zat-zat sisa, dan melumasi sendi.

Kebutuhan air untuk setiap orang pasti berbeda-beda, tergantung, jenis kelamin, usia, berat badan, tinggi badan, lingkungan, dan aktivitas.

Sebanyak 20-30% sumber cairan dalam tubuh berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Minumlah air sebanyak 8 – 10 gelas setiap hari. Tidak harus air putih melulu, kalian bisa mengonsumsi jus, air lemon, the, susu, atau kopi dengan porsi yang tidak berlebihan.

3.Jangan Konsumsi Lemak dan Minyak Berlebihan

pola makan sehat

Lemak memang merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Namun, tidak semua lemak itu sehat dan memiiliki efek yang positif terhadap tubuh.

Gantilah sumber lemak jenuh dengan lemak yang tidak jenuh dengan mengukus / merebus makanan dan tidak menggorengnya.

Hal ini bertujuan untuk membantu mengurangi kadar kolestrol jahat atau LDL serta menurunkan risiko penyakit jantung di kemudian hari.

Kurangi juga makanan gorengan, produk susu tinggi lemak, dan daging merah. Kalian bisa menggantunya dengan kacang-kacangan, ayam, ikan berlemak, dan minyak nabati.

Hindari juga produk daging olahan karena mengandung garan dan gula yang tinggi. Jika masih ingin mengonsumsi susu dan olahannya, pilihlah produk yang low fat.

Batasi juga konsumsi makanan yang mengandung lemak trans seperti pizza, margarin, ayam, kentang goreng, dan lain-lain.

Itulah berbagai tips yang bisa kalian lakukan untuk menjaga pola makan sehat selama dirumah. Tentu saja kalian juga harus menjaga kontak fisik dengan orang lain serta tidak makan diluar dulu untuk sementara waktu agar tak terpapar virus. Semoga bermanfaat.

Recommended Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *