Bahaya Begadang! Inilah 8 Dampak Serta Alasan Sering Begadang

Begadang merupakan keadaan yang biasa dialami oleh banyak orang, dimana seseorang yang kuat tidak tidur hingga larut malam. Adapun alasan masing-masing yang membuat mereka terpaksa atau sengaja untuk bergadang.

Untuk kasus yang sering begadang ini, mereka yang tidur kurang dari enam jam. Ada alasan yang perlu kamu ketahui! Mengapa manusia harus tidur dengan cukup selama 8 jam. Karena dengan tidur, dapat memperbaiki metabolisme, mengistirahatkan tubuh dari padatnya aktivitas, serta merileksasikan pikiranmu.

Adapun alasan orang begadang diantaranya :

1. Kerja Lembur

Sebagian orang banyak yang dituntut untuk menyelesaikan job description sampai tuntas, karena besok sudah dikejar deadline. Kerja lembur juga bisa mengakibatkan kurang tidur, sehingga bisa membuat kerja pada jantung lebih berat.

2. Makan Terlalu Berlebihan

Alasan yang sering kali ditemukan bisa jadi kamu sering makan secara berlebihan. Hal ini bisa membuat kamu susah tidur, karena tubuh susah untuk melakukan pencernaan secara sempurna.

Bagi mereka yang kurang tidur maka akan mengakibatkan glukosa lebih cepat sehingga membuat kamu terserang penyakit diabetes.

3. Insomnia

Biasanya insomnia banyak ditemukan bagi mereka kalangan anak muda, tentunya bisa dipengaruhi oleh gadget yang tidak bisa henti dimainkan. Sehingga mereka kurang tidur, dan menjadi kebiasaan insomnia.

Dampak Yang Terjadi Jika Sering Begadang

1. Sulit Konsentrasi

Jika kamu temasuk kedalam orang yang sering tidur larut malam, maka dampak yang bisa kamu rasakan adalah kurang konsentrasi dalam proses belajar atau bekerja. Tak hanya itu saja, melainkan kamu tidak bisa merasakan segala sesuatu saat siang hari.

2. Menyebabkan Penyakit Yang Serius

Efek begadang yang lebih berbahaya adalah kamu bisa mengundang penyakit secara cepat. Adapun penyakit yang bisa menempel ke dalam tubuhmu seperti penyakit jantung, stroke, detak jantung yang tidak teratur, serangan jantung, diabetes, dll.

Supaya kamu terhindar dari penyakit yang ada diatas, alangkah baiknya kamu menjaga pola makan dan kurangi tidur terlalu malam.

3. Pelupa

Begadang akan mengakibatkan regenerasi sel yang berguna untuk memperkuat ingatan menjadi terganggu serta dapat meningkatkan rasa ngantuk. Sehingga kamu bisa lebih mudah pelupa dan sulit untuk konsentrasi.

4. Menurunkan Gairah Seksual

Banyak para ahli yang percaya, bahwa bagi orang yang kurang tidur memiliki efek menurunnya libido serta mengurangi ketertarikan pada hubungan seks. Dampak seperti ini tidak hanya dialami oleh pria saja, melainkan juga berdampak bagi wanita.

5. Risiko Obesitas

Bagi kamu yang sering begadang sama halnya seperti makan terlalu banyak. Hal tersebut akan mengakibatkan risiko naiknya berat badan atau obesitas. Jika kamu kurang tidur maka tubumu akan merasa lapar yang berlebihan, sehingga membuat porsi makanmu tidak teratur.

6. Daya Tahan Tubuh Menurun

Efek samping yang dapat kamu rasakan jika sering begadang yaitu daya tahan tubuh yang melemah. Adapun penyakit yang bisa kamu rasakan seperti mudah terserang flu, batuk, meriang, demam, tidak enak badan, dll. Contoh tersebut merupakan efek yang sering kali terjadi.

7. Gangguan Mood

Jika kamu sehari kurag tidur, maka gangguan yang akan kamu alami yaitu mudah tersinggung dan lebih murung. Penelitian melaporkan bahwa orang yang kurang tidur atau kurang dari 8 jam akan membuat perasan lebih terasa sedih, stress, marah, dan lemahnya mental.

8. Risiko Kematian

Ada seorang studi yang menyatakan kurang lebih 12% orang yang berdampak kematian yaitu mereka yang kurang tidur dalam jangka waktu 5 jam sehari. Peningkatan yang sering kali dialami yaitu kematian yang disebabkan pembuluh darah dan penyakit jantung.

Setelah kamu mengetahui dampak yang bisa kamu alami jika sering begadang, apakah masih mau tidur larut malam lagi?? Hentikan tidur yang tidak teratur. Karena banyak penyakit yang bisa menyerang pada tubuhmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *